Prospek Kerja Mahasiswa TEOLOGI

Prospek Kerja

Jurusan Teologi ini bisa dibilang relatif baru sehingga jumlah lulusannya juga belum terlalu banyak. Itu artinya prospek pekerjaannya juga relatif masih cukup luas dibandingkan jurusan yang sudah menghasilkan banyak lulusan.

Mayoritas lulusan Jurusan Teologi memilih karier sebagai guru agama kristen dan dosen bidang keilmuan teologi. Namun, tidak sedikit juga yang memilih untuk menjadi rohaniawan. Rohaniawan Kristen sebagaimana pemuka agama lainnya biasanya menjadi tempat curhat para jemaahnya. Sehingga peran pemuka agama bisa menjadi seorang konseling juga yang memberikan bimbingan kepada umat yang membutuhkan.

Rohaniawan tidak hanya terbatas di gereja saja melainkan bisa juga di berbagai tempat lainnya seperti rumah sakit, organisasi atau lembaga tertentu bahkan di lembaga pemasyarakatan (Lapas).

Selain pilihan pekerjaan dan karier seperti yang disebutkan di atas, seorang lulusan ilmu Teologi juga berkesempatan untuk bekerja sebagai editor, jurnalis, penulis buku agama, pekerja sosial, peneliti, dan lain sebagainya.