New8%

Konseling Pastoral bagi Anak

Kategori: Buku | Dilihat: 117 Kali
Harga: Rp 55.000 Rp 60.000
Kode Produk:

Stok: 100

Berat: 0.3 Kg

Sejak: 17-09-2024

Beli
Tambah ke Wishlist
Pemesanan Juga dapat melalui :

Detail Produk

Sebagian orang sering mengatakan bahwa memukul anak adalah bagian dari kegiatan mendisiplin anak. Mereka mengutip ayat yang berkata demikian: “Siapa tidak menggunakan tongkat, benci kepada anaknya; tetapi siapa mengasihi anaknya, menghajar dia pada waktunya” (Ams. 13:24). Akhirnya, hukuman yang diberikan sudah mengarah pada penyiksaan, ini bukan lagi tindakan mendisiplin tetapi tindakan penyiksaan. Tindakan ini malah dapat menggoreskan luka hati, kepahitan bahkan luka batin yang dalam pada diri si anak. Akibatnya, anak yang tidak berdaya untuk melawan dan membebaskan dirinya akan memendam kebencian, kemarahan dan kepahitan di dalam dirinya. Kelak, bila ini berlangsung terus menerus ia akan tumbuh sebagai seorang anak yang brutal, binal, bertindak kasar sehingga menyakiti hati orang lain, suka melanggar kehormatan seks lawan jenis dan bahkan melakukan berbagai tindakan yang dapat membahayakan diri sendiri.

Atau yang terjadi malah sebaliknya. Ia dapat menjadi seorang yang pemurung, rendah diri, menarik diri dari pergaulan, perasaannya sangat peka dan mudah terluka, cepat tersinggung dan membesar-besarkan kekurangan sendiri, ada rasa khawatir terhadap dirinya sendiri. Anak yang bermasalah jenis ini sering memperlihatkan adanya rasa bingung, banyak menggunakan waktu untuk melamun keadaan-keadaan dirinya. Dalam taraf intensitas yang lebih tinggi lagi anak yang bermasalah jenis ini cenderung menjadi peminum, penghisap candu, narkotik, morfinis, dan tega bunuh diri.

Anak merupakan kelompok masyarakat yang berjumlah paling banyak. Secara psikologis, anak termasuk kelompok yang sangat mudah terpengaruh dan jiwanya pun gampang bergolak. Hal itu akibat kondisi pribadi mereka yang belum terbentuk.

Sesuai dengan pergolakan jiwa anak, permasalahan yang muncul pun cukup beragam. Persoalan tersebut bukan hanya menjadi permasalahan anak belaka, melainkan menjadi persoalan semua orang yang mengalami kekerasan. Karena itu, masalah paling berat bagi orangtua adalah menyelamatkan sang anak dan anggota keluarga.

 

Penulis:

Dr. Daulat M. Tambunan, M.Th., M.Pd
Dr. Ferdinand Iskandar, S.Tr., M.Th

 

(Tersedia DISKON khusus untuk pemesanan diatas 10 buku)

Produk Terkait